Dec 22, 2012


Sejarah untuk di aplikasikan bukan di hafalkan

Oleh Dimas Riskyanto



Sejarah ? mendengar nama sejarah atau mata pelajaran sejarah, sepertinya sebagian besar masyarakat menganggap remeh dan tidak penting. Sadarkah kita kalau setiap saat bahkan setiap waktu kita tak lepas dari peristiwa sejarah. Meskipun bukan guru sejarah atau ahli sejarah pasti mereka mengungkit peristiwa sejarah. Seperti halnya seorang guru Bahasa Indonesia menanyakan Presiden ke 2 Republik Indonesia, bukankah hal itu termasuk persitiwa sejarah. Di era modern ini masyarakat menganggap sejarah adalah suatu mata pelajaran yang berkaitan dengan hafalan. Hal tersebut salah, sejarah bukan untuk di hafal tetapi untuk di aplikasikan.
Suatu contoh seorang guru mengajarkan tentang peristiwa Rengasdengklok, peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa penculikan Bung Karno dan Bung Hatta terkait perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua. Dimana Bung Karno dan Bung Hatta di culik oleh golongan muda dengan tujuan agar segera memberitahu bahwa Indonesia sudah merdeka, mengingat bahwa jepang sudah menyerah kepada Sekutu tanggal 14 Agustus 1945. Mengingat nilai yang diambil dari peristiwa Rengasdengklok bahwa kalau kita ada kesempatan , segeralah bergerak jangan ditunda tunda. Itulah yang dimaksud bahwa sejarah bukan untuk dihafal tetapi di aplikasikan dalam kehidupan sehari hari dengan mengambil hal hal yang positif.
Dengan mengaplikasikan peristiwa sejarah dalam kehidupan sehari hari, maka Indonesia akan menjadi negara yang damai, aman dan sejahtera. Hal itu terjadi karena masyarakat indonesia bijaksana. Bukankah belajar sejarah menjadikan pribadi yang bijaksana.  Belajar sejarah juga mempunya 3 manfaat yang penting untuk di aplikasikan dalam kehidupan diantaranya
1.      Manfaat Sejarah Edukatif
Manfaat sejarah secara edukatif maksudnya sejarah(kisah/peristiwa yang lalu) menjadikan pendidikan buat yang mempelajarinya. sehingga dia tidak terjebak melakukan kesalahan untuk kedua atau kesekian kalinya ini bisa apabila kita tidak sekedar menghapal sejarah tetapi mengerti dan memahami.


2. Manfaat Sejarah Inspiratif
Inspiratif maksudnya Sejarah (kisah/peristiwa lalu) dapat menginspirasi untuk mengulang hal yang pernah terjadi atau dilakukan sebelumnya. biasanya ini menyangkut kesuksesan atau tokoh-tokoh tertentu yang besar jasanya/dihormati seperti para nabi, tokoh kharismatik dll
3.Manfaat Sejarah Rekreatif 
Maksudnya idealnya belajar sejarah itu menarik seperti kita berwisata ke masa silam. Hal ini tercapai bila sejarah dikemas seolah pembaca (yang belajar) bisa ketemu dan berdialog dengan orang-orang sebelumnya.

Dengan kita mempelajari , memahami dan mengaplikasikan segala aspek dari pembelajaran sejarah maka Indonesia akan menjadi negara yang santun. Perlu ditekankan bahwa sejarah ini sangat penting sekali dalam dunia pendidikan, karena semua disiplin Ilmu sedikit banyak menyinggung tentang sejarah. Seseorang yang tidak mau belajar sejarah maka orang tersebut tidak mau mengenal dirinya sendiri ( Pror.Dr. Anhar Gonggong ). 

No comments:

Post a Comment