Dec 16, 2012

Belajar Dari Sejarah



BELAJAR DARI SEJARAH
Oleh Dimas Riskyanto
Di era globalisasi ini banyak masyarakat yang menganggap sejarah itu tidak bermakna, sejarah itu hanya sebuah masa lalu saja dan belajar sejarah itu sangat membosankan. Itu merupakan pendapat pendapat yang sangat negatif dan sebelah mata tentang sejarah yang seharusnya dihilangkan. Sejarah merupakan suatu Motivasi manusia untuk bangkit. Sejarah merupakan renungan manusia untuk intropeksi dan sejarah merupakan cermin bagi diri manusia. Jadi seseorang yang tidak menghargai sejarah sama dengan seseorang tersebut tidak menghargai masa lalunya. Masa lalu tersebut tidak harus di benci, masa lalu tersebut tidak harus di buang tetapi masa lalu tersebut harus dipahami dan dipelajari.
Oleh karena itu pentingnya kita untuk belajar dari masa lalu kita sebagai pandangan kita untuk melangkah ke masa sekarang dan masa yang akan datang. Tidak mudah kita memahami sejarah, tidak mudah kita mempelajari sejarah tetapi orang yang mau belajar sejarah, pasti orang tersebut mempunyai banyak hikmah. Karena sejarah dapat membuat orang bijaksana. Dan menjadi bijaksana juga harus belajar sejarah.
Jangan memandang sejarah dengan sebelah mata tetapi kita harus belajar dari sejarah, dengan belajar dari sejarah kita akan mendapatkan nilai nilai moral,nilai nilai etika, dan nilai nilai keindahan yang bisa di aplikasikan dalam kehidupan ini. Dengan belajar sejarah kita akan punya perbandingan untuk melangkah ke masa sekarang dan yang akan datang. Sejarah juga merupakan suatu motivasi bagi kita, sejarah itu bukan hanya cerita masa lalu saja, tetapi perlu kita ketahui setiap cerita masa lalu pasti punya nilai nilai yang harus kita ambil, dan nilai nilai tersebut adalah bentuk motivasi bagi kita. Sangat hebat eksistensi ilmu sejarah sejarah, jika seseorang mau memahaminya, dan sangat Indah ilmu sejarah jika orang mau menerapkannya.
Bung Karno pun sering mengatakan pada rakyat Indonesia untuk tidak melupakan sejarah , jangan sekali kali melupakan sejarah. Hal itu merupakan Bukti apabila sejarah begitu penting bagi diri kita sendiri maupun masyarakat dunia. Negara negara di dunia pun saya yakin pasti akan belajar dari sejarah.
Itulah pentingnya sejarah, siapa yang melangkah ke masa depan tanpa melihat sejarah sama dengan melangkah dengan sebelah mata. Karena masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang merupakan sistematika kehidupan. Jadikanlah masa lalu kita sebagi pembelajaran dan motivasi bagi hidup kita. Jadikanlah masa lalu sebagi cermin bagi kita seperti halnya yang diucapkan sejarawan Universitas Indonesia ini.
“Jika seseorang tidak belajar sejarah, dia tidak akan mengenal dirinya”,
Prof.Dr.Anhar Gonggong
Sejarawan universitas Indonesia

 
*******




















No comments:

Post a Comment