Dec 28, 2012


Prasejarah sebagai cermin masa modern

Oleh Dimas Riskyanto


A.      Masyarakat prasejarah
Masyarakat prasejarah kita kenal sebagai masyarakat yang kuno, bahkan primitive sekali. Memang benar masyarakat prasejarah sebagai masyarakat yang primitive, kuno, segala kehidupanya tergantung dari alam. Dan kehidupan dari masyarakat prasejarah tidak  tetap atau nomaden. Sangat kuno sekali masyarakat prasejarah, tetapi dengan ke kunoan tersebut mereka tetap menjaga yang namanya kebersamaan dan gotong royong.
Alam merupakan tonggak kehidupan dari masyarakat prasejarah, tetapi mereka tidak merusak alam justru mereka memanfaatkan dengan sebenar benarnya alam Indonesia. Mereka sangat kreatif setelah pekerjaan mereka selesai seperti bercocok tanam, mereka tidak diam diri tetapi mereka terus meningkatkan kreatifitas mereka seperti menghias kapak perimbas atau melakukan kegiatan kesenian lainnya.
Masyarakat prasejarah tidak pernah bertengkar atau konflik, mereka setiap melakukan kegiatan selalu ada pembagian, bahkan dengan keterbatasan alam yang mereka miliki mereka dapat menghasilkan perahu bercadik sebagai alat kegiatan berlayar dan mempertahankan hidupnya. Sungguh hebat dan perlu di apresiasi mereka sangat kreatif sekali.mereka selalu mempunyai ide ide cemerlang untuk menghasilkan sesuatu. Masyarakat dahulu  atau prasejarah meskipun banyak menciptakan sesuatu mereka selalu menjaga keharmonisan dan alam sekitar.
B.     Masyarakat modern.


Masyarakat modern, masyarakat yang telah mengenal perkembangan teknologi yang sanagat maju, bahkan segala sesuatunya dilakukan dengan menggunakan teknologi. Dengan perkembnagan teknologi manusia dapat dengan mudah untuk mendapatkan segala sesuatunya. Hal ini menyebabkan nilai nilai baik social, budaya bahkan moral turun. Sepertinya teknologi dianggap sebagai segalanya.
Dengan perkembangan teknologi manusia modern relative besarnya hidup secara Individual, nilai nilai gotong royong atau kebersamaan mulai luntur. Sangat ironis sekali di abad yang modern ini, bukan nilai nilai yang positif yang semakin maju tetapi negativism yang mulai berkembang.
Manusia seakan akan mnegalami kebebasan yang kelewat batas. Seperti halnya tawuran dimana mana, perampokan, pembunuhan. Hal tersebut terjadi karena manusia tidak merasa mendapatkan nilai kepuasan, jadi segala cara di gunakan. Alam pun dirusak, terjadi penebangan hutan dimana mana sehingga berdampak banjir. Hal tersebut merugikan banyak orang. Aspek bahari yang seharusnya di manfaatkan dengan baik, tetapi dirusak dengan menggunakan pukat harimau, Bom, dan lain lain. Ironis sekali hal tersebut. Sepertinya manusia modern kurang menghargai jasa jasa dari nenek moyang yang telah merawat dan melestarikan alam ini. Nenek moyang kita sanagat sulit untuk menjaga dan melestarikan alam ini, tetapi sekarang dirusak oleh kita.

C.    Prasejarah adalah cermin masa kini dan akan datang
Masyarakat saat ini banyak yang kurang melihat sejarah, kurang menghargai sejarah, sejarah dianggap masa lalu yang tidak bermanfaat. Hal tersebut salah besar, lihatlah sejarah untuk menjadikan hidup ini lebih baik. Andai bangsa ini melihat zaman prasejarah, berkaca dari zaman prasejarah dimana zaman tersebut mengutamakan hidup bersama dan gotong royong. Pasti Negara ini akan sejahtera. Masyarakat prasejarah meskipun masyarakat yang kuno mereka bias menghasilkan hal yang bias dianggap modern seperti halnya perahu bercadik, mengapa hal tersebut bias terjadi? Karena masyarakat prasejarah mengutamakan untuk kebersamaan dan gotong royong. Mereka menganggap kawan adalah saudara, setiap ada pekerjaan mereka selalu mengerjakan secara bersama sama untuk kepentingan bersama bukan individu. Mereka selalu menjaga alam denga baik, mereka memanfaatkan alam dengan baik pula, tidak merusak atau menghancurkan. Jika manusia saat ini bias mencontoh sikap atau nilai nilai dari masyarakat prasejarah maka Negara ini akan aman, damai dan sejahtera.  Apalagi saat ini dunia mulai modern, teknologi jga modern sangat menarik sekali unsur kegotong royongan disinkronisasikan dengan teknologi modern , pasti akan menghasilkan sesuatu yang lebih modern. Oleh karena ini sejarah adalah cermin dari kehidupan ini. Bukan sesuatu untuk dilupakan.

No comments:

Post a Comment