Dec 16, 2012



MENEGAKKAN PILAR BANGSA
Oleh Dimas Riskyanto
Pilar bangsa merupakan tonggak atau pusat akan berdirinya suatu bangsa. apabila pilar bangsa ini di jaga dengan baik dan maksimal maka negara tersebut akan baik pula, akan aman, damai dan sejahtera.
Dimas Riskyanto
Tidak mudah menegakkan suatu pilar bangsa ini, dan tidak mudah pula untuk menjaga Pilar bangsa. negara tanpa adanya pilar maka negara tersebut akan runtuh. Ibarat bangunan tanpa pondasi akan robou bangunan tersebut. Oleh karena itu perlunya setiap negara untuk menjaga suatu pilar tersebut, seperti halnya di Indonesia ini. Indonesia mempunyai 4 pilar yang harus kita tegakkan sebagai bangsa Indonesia yaitu GBHN, UUD 45,NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Pilar pilar bangsa tersebut tidak mudah untuk mendirikannya perlu perjuangan keras dari pahlawan pahlawan kita. Oleh karena itu kita harus benar benar menegakkannya sebagai bangsa Indonesia.
Kalau kita lihat realita di Indonesia ini memang perlu lebih menegakkan lagi 4 pilar tersebut agar Indoensia menjadi aman, damai dan sejahtera. sekarang Indonesia mengalami masalah yang begitu banyak, setiap detik terus bertambah dan bertambah. Kita sebagai bangsa Indonesia harus menyadari hal itu agar kita punya motivasi untuk membersihkan masalah tersebut dan Indonesia menjadi baik kembali. Cara menyelesaikannya tidak mudah dan butuh pemikiran yang ekstrim. Dan dalam menyelesaikan masalah negara ini bermula menyelesaikan masalah dari diri sendiri tersebut. Kalau semua bangsa Indonesia bisa menyelesaikan masalah diri sendirinya pasti akan bisa menyelesaikan masalah pribadinya pula. Kita harus bergotong royong adu pemikiran untuk membuat indonesia jadi lebih baek.
Selain itu pula sebagai bangsa Indonesia kita wajib dan harus menegakkan empat pilar bangsa tersebut. Empat pilar bangsa tersebut harus dijaga, di rawat dan di pelajari. Dengan cara apa? Dengan cara tidak membuat masalah di negara ini. Itu merupakan cara singkat untuk menegakkan empat pilar bangsa. kalau kita tidak berbuat masalah, kalau kita menjaga diri ini dari masalah di negara ini. Pasti empat pilar bangsa tersebut akan terhindar dari masalah pula.

Memang hidup ini tanpa masalah akan monoton, tapi alangkah baiknya masalah yang datang sifatnya sewajarnya saja. Kita perlu mengkritisi masalah tersebut. Saat ini di negara kita terjadi korupsi dimana dimana, wakil rakyat, pimpinan pimpinan negara juga terlibat di dalamnya. Apakah hal tersebut masalah yang waajar? Itu hanya akan merusak pilar pilar bangsa kita. Oleh karena itu mari kita sebagai bangsa Indonesia bersatu dengan kokoh se kokohnya untuk menjaga negara ini dari masalah. Karena kalau negara sudah banyak masalah pertanda negara tersebut akan hancur. Salah satu caranya untuk menghindari masalah dengan menegakkan pilar pilar bangsa tersebut dan kita harus mengkombinasikan dengan ideologi bangsa kita yaitu Pancasila. Karena pancasila adalah tonggak utama yang mengawali pilar pilar bangsa tersebut.


*** Dimas Riskyanto ***

No comments:

Post a Comment